I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 22 Desember 2011

Manfaat Tidur Siang

Apakah kamu sering tidur siang atau memiliki waktu untuk tidur siang di tengah-tengah kepadatan aktivitas sepanjang hari? Bersyukurlah, karena menurut penelitian National Sleep Foundation Amerika Serikat, tidur siang sangat bermanfaat bagi manusia. Tidur siang selama 20-30 menit dapat membantu meningkatkan mood, kewaspadaan dan performansi.

Ada beberapa Tipe Tidur Siang:
  • Tidur Siang Terencana (disebut juga tidur siang yang dipersiapkan) berupa tidur siang sebelum Anda benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini ketika Anda tahu bahwa Anda akan terjaga lebih lama dari waktu tidur normal Anda atau sebagai mekanisme untuk mencegah lelah lebih cepat.
  • Tidur Siang Darurat terjadi ketika Anda tiba-tiba merasa sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas yang sedang dikerjakan. Jenis tidur siang dapat digunakan untuk mengatasi mengantuk saat mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin berat danberbahaya.
  • Tidur Siang yang merupakan Kebiasaan terjadi ketika seseorang melakukan tidur siang di waktu yang sama setiap hari. Anak-anak kecil mungkin tidur di waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa tidur siang sejenak setelah makan siang setiap hari.
Manfaat Tidur Siang menurut National Sleep Foundation AS :
  • Tidur siang dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan performansi, dan mengurangi kesalahan dan kecelakaan. Sebuah penelitian di NASA terhadap para pilot militer dan astronot yang mengantuk ditemukan bahwa tidur siang selama 40 menit meningkatkan performansi sebesar 34% dan kewaspadaan sebesar 100%.
  • Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan secara langsung pada saat setelah tidur siang dan mungkin memperpanjang kewaspadaan beberapa jam kemudian di hari tersebut.
  • Tidur siang yang terjadwal juga telah ditentukan bagi mereka yang mengidap narkolepsi, yaitu gangguan tidur yang kronis yang ditandai kantuk di siang hari yang berlebihan dan bahkan dapat tertidur di waktu yang tidak tepat.
  • Tidur siang dapat memberikan manfaat secara psikologis. Tidur siang dapat menjadi liburan sederhana yang mewah dan menyenangkan. Tidur siang dapat menjadi cara mudah untuk relaksasi dan peremajaan.

1 komentar: