I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 23 Desember 2011

Senam Kaki Diabetes

Langkah-langkah Senam Kaki :
a.     Posisi kan pasien duduk tegak di atas bangku dengan kaki menyentuh lantai


b. Dengan meletakkan tumit dilantai, jari-jari kedua belah kaki diluruskan ke atas lalu dibengkokan kembali ke bawah seperti cakar ayam sebanyak 10 kali


c.  Dengan meletakkan tumit salah satu kaki dilantai, angkat telapak kaki ke atas. Pada kaki lainnya, jari-jari kaki diletakkan di lantai dengan tumit kaki diangkat ke atas. Cara ini dilakukan bersamaan pada kaki kiri dan kanan secara bergantian dan diulangi sebanyak 10kali.

 
d.    Tumit kaki diletakkan di lantai. Bagian ujung kaki diangkat ke atas dan buat gerakan memutar dengan pergerakan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.

e.  Jari-jari kaki diletakkan dilantai. Tumit diangkat dan buat gerakan memutar dengan pergerakan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.


f.  Angkat salah satu lutut kaki, dan luruskan. Gerakan jari-jari ke depan turunkan kembali  secara bergantian kekiri dan ke kanan. Ulangi sebanyak 10 kali.



g.    Luruskan salah satu kaki di atas lantai kemudian angkat kaki tersebut dan gerakkan ujung jari kaki ke arah wajah lalu turunkan kembali ke lantai. Ulangi sebanyak 10 kali.




h.  Angkat kedua kaki dan luruskan, pertahankan posisi tersebut. Gerakan  pergelangan kaki ke depan dan ke belakang. Ulangi sebanyak 10 kali.
i.   Luruskan salah satu kaki dan angkat, putar kaki pada pergelangan kaki, tuliskan pada udara dengan kaki dari angka 0 hingga 9  lakukan secara bergantian.
j.   Letakkan sehelai koran dilantai. Bentuk kertas itu menjadi seperti bola dengan  kedua belah kaki. Kemudian, buka bola itu menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua belah kaki. Cara ini dilakukan hanya sekali saja :
1)      Robek koran menjadi 2 bagian, pisahkan kedua bagian koran. 
2)      Sebagian koran di sobek-sobek menjadi kecil-kecil dengan kedua kaki 
3)  Pindahkan kumpulan sobekan-sobekan tersebut dengan kedua kaki lalu letakkan sobek kan kertas pada bagian kertas yang utuh. 
4)      Bungkus semuanya dengan kedua kaki menjadi bentuk bola




(Atun. 2010. hlm,   Kamariyahs. 2011. hlm 1-2)

2 komentar:

  1. keren gan artikelnya, senam kaki juga belum begitu familiar ditelinga masyarakat jadi harus dipublikasikan lebih luas lagi. Oiya tau gak gan tempat yang jual baju senam terbaru? terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. infonya sangat bermanfaat, khususnya bagi penderita diabetes, agar gula darahnya tetap terkontrol,,,, oh iya kalo untuk pakaiannya di mana ya toko baju senam di Surabaya?

    BalasHapus